Kamis, 17 Januari 2013

Menindaklanjuti Hasil Rakor.

FACHRUDDIN
Sabtu 19 Januari 2013 lusa, DPW PPP akan menyelenggarakan Rakor untuk membicarakan dan menyepakati berbagai hal tentang upaya partai dalam memenangkan Pemilu 2014 atau setidaknya mendongkrak suara dibanding pemilu sebelumnya. Tentu saja dakam hal beberapa langkah strategis akan dibicarakan mulai dari filosofinya hingga tindak operasional sebagaimana lazimnya Parpol peserta Pemilu yang ukuran keberhasilan sangat jelas, yaitu bertambahnya suara seperti yang ditargetkan para petinggi partai sebelumnya.

Tentu Rakor kali ini bukan kali pertama yang diselenggarakan DPW PPP Lampung, tetapi apakah semua Rakor yang pernah dilakukan itu telah ditindaklanjuti dan apakah DPW yang melaksanakan Rakor itu telah melakukan penelitian tindaklanjut. Tulissn ini hanya sekedar untuk mengingatkan semua pihak yang berkepentingan akan keteledoran selama ini setelah berulangkali melaksanakan rakor tampa penelitian tindaklanjut sedikitpun sehingga kita semua tidak mengetahui apakah hasil Rakor itu telah ditindaklanjuti sebegai mestinya. berat dugaan kita bahwa Rakor rakor itu pada umumnya tidak ditindaklanjuti secara maksumal, terbukti kondisi partai yang menunjuk grafik turun.

Suasana Muskerwil, 2012.


Seusai rakor maka buatlah sejumlah simpulan serta langkah langkah yang akan ditempuh
tentukan pula siapa saja yang bisa membangtu kita, siapa pula yang harus tahu tentang apa yang disepakati dalam Rakor itu. Dan sarana apa saja yang harus dipersiapkan. Perlu kita pahami bahwa Hasil Rakor adalah sesuatu yang harus ditindaklanjuti. Tuliskan beberapa item yang harus ditindaklanjuti pasca Rakor, apakah penindaklanjutan itu membutuhkan orang lain, atau justeru harus diketahui oleh banyak orang dan apa saja sarana yang dibutuhkan dalam melaksanakannya. semakin lengkap dan terurai item catatan itu maka akan semakin baiklah upaya kita menindaklanjutu hasil Rakor itu.

Hasil Rakor harus dibacarakan kepada banyak orang, berapa kali kita membicarakannya dalam pertemuan resmi atau tidak resmi, berapa kali kita menyelenggarakan pertemuan, berapa orang yang hadir dalam pertemuan itu, semakin sering menyelenggarakan pertemuan dan semakin banyak yang hadir dalam pertemuan itu, akan sangat menetukan dapat atau tidaknya hasil rakor ditindaklanjuti. Jumlah orang yang hadir dalam pertemuan serta akan sangat menetukan keberhasilan tindaklanjut itu, dan terlebih lagi manakala dalam pertemuan pertemuan itu dihadiri oleh mereka mereka yang berkompeten untuk melakukan sesuatu sebagai tindaklanjut dari pertemuan itu.

Dalam pertemuan itu artinya maka tersusunlah program dan pembagian tugas untuk dilakukannya sesuatu sebagai tindaklanjut pertemuan, dengan banyaknya mereka yang memahami program itu, maka akan banyak pula pihak pihak yang mampu memberikan partisipasinya dalam menyelenggarakan program itu.

Para pemimpin organisasi yang maju dan berkembang besar, adalah terdiri dari para personal yang sangat memahami apa makna penelitian tindaklanjut sebuah informasi dari kesepakatan Rakor. Srbuah Rakor atau Rapat Kerja pastinya adalah rapat yang menghasilkan kesepakatan atas sesuatu yang harus dikerjakan. Selamat berjuang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...