Senin, 14 Januari 2013

Angka 9 Bagi Banyak Orang.


Semula Romahurmuzi berharap akan mencabut angka 1 Bagi PPP sebagai nomor urut peserta Pemilu 2013 yang akan datang, tetapi ternyata Ia mendapat angka 9, karena angka 1 sudah tercabut oleh Partai Nasdem. Tak perlu kecewa karena angka 1 tidak otomatis sebagai angka keberuntungan, dalam beberapa kali hasil Pemilu di Indonsia menunjukkan keberuntungan yang kurang menyenangkan. Justeru dalam berbagai pandangan filosofis walaupun berbau magis angka 9 lebih baik. Tetapi sekali lagi itu secara empiris kurang mendapat dukungan, di bawah ini beberapa tulisan tentang angka 9.

Angka 9.


Silin Trenh, warga Amerika keturunan Cina, yang menikah pas tanggal 09-09-09 dua tahun lalu, kata sembilan dalam bahasa Mandarin berarti panjang umur. Pasalnya dalam bahasa Mandarin, pengucapan kata sembilan (qiu) mirip dengan pengucapan kata panjang umur atau kekal. Bahkan dalam laman MSNBC mengungkapkan bahwa angka sembilan berada di peringkat kedua setelah angka delapan sebagai angka keberuntungan dalam primbon China kuno.

Selain itu, sebagai angka ganjil, angka sembilan dianggap sebagai angka maskulin atau jantan yang digdaya karena merupakan angka tunggal yang paling besar. Konon katanya, kaisar-kaisar Cina dari berbagai dinasti dahulu sangat memuja angka sembilan. Para kaisar juga percaya kalau angka sembilan itu sebagai angka keberuntungan dan panjang umur. Jadi tak heran, kalau dalam setiap perayaan Imlek jumlah masakan pun harus sebanyak 99 macam. Demikian pula ketika merayakan hari ulang tahun kaisar, atraksi hiburan harus berjumlah 99 macam juga. Dengar-dengar lagi, kompleks Istana Kaisar yang berada di Kota Terlarang (Forbidden City) di Beijing konon memiliki 9.999 ruangan. Wuih sampai sebegitunya ya kalau berita itu benar.

Bagi industri film Hollywood, angka sembilan sangat bagus buat dijadikan judul film. Di tahun 2009 saja, Hollywood memproduksi dua film yang memakai judul angka sembilan. Ada film “Nine” yang disutradarai oleh Rob Marshall dan banyak ditaburi bintang-bintang seperti Daniel Day-Lewis, Marion Cotillard, Penélope Cruz, Sophia Loren. Bahkan film “Nine” menjadi film terbaik musikal di ajang Golden Globe 2010. Selain “Nine”, ada juga film animasi menarik yang berjudul “9″. Judul film yang paling singkat menurut saya. Film “9″ disutradarai oleh Shane Acker yang didukung oleh para bintang terkenal yang menjadi pengisi suaranya seperti Elijah Wood, Jennifer Connelly, Crispin Glover, Christopher Plummer. Bahkan film animasi mengenai apocalypse tersebut dirilis tepat tanggal 9 September 2009 (09-09-09).

Seorang numerologist modern dan ahli sejarah Yunani lama, Aristoxenus juga mengungkapkan kalau angka sembilan memiliki makna positif dan negatif. Dari sisi positif angka sembilan itu bermakna ampunan, kesabaran, dan kesuksesan; sedang dari sisi negatifnya angka sembilan tersebut bermakna arogan dan kebanggaan pada diri sendiri.

Di Jepang, angka sembilan itu identik dengan penderitaan dan dinilai tidak beruntung. Bahkan dianggap sama dengan angka empat, yang bermakna kematian. Sebaliknya, dunia astrologi menganggap bahwa angka sembilan yang melambangkan Mars tersebut merupakan angka puncak atau tertinggi. Astrologi memaknai angka sembilan sebagai angka yang bersifat pantang menyerah, aktif, dan penuh kemauan. Orang-orang yang lahir pada tanggal tersebut diramal akan memiliki sifat-sifat seperti itu. Namun jangan tersenyum dulu, orang yang lahir di tanggal sembilan juga rentan terhadap kecelakaan maupun cedera, dan suka bertengkar. Boleh percaya atau tidak namanya juga ramalan astrologi atau ilmu perbintangan. Nasib dan takdir tetap ada di tangan Tuhan.



Filosofi Angka 9.
Saya baru ngerti kalau ternyata angka sembilan itu punya filosofi yang bagus setelah baca novel 9 matahari nya @adenitaa. Jadi angka sembilan adalah nilai buat seseorang yang sangat menghargai diri sendiri sebagai makhluk Tuhan. Angka ini diatas rata-rata sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap diri sendiri. Bukan berarti sombong. Kenapa nggak 10 sekalian?. Karena 9 bukanlah angka yang sempurna sementara manusia harus tetap melakukan perbaikan-perbaikan terhadap dirinya sendiri menuju angka yg sempurnya. 10. Terus belajar dan bergerak untuk mencapai angka itu

Sedangkan dari sisi lain angka sembilan juga bisa diartikan sebagai ruang tekad pribadi dan keterbukaan. Dua sisi yang saling melengkapi. Di bagian atas angka sembilan memiliki bulatan yang tertutup. Ini seperti ruangan pribadi dalam diri manusia untuk menjaga tekad dan keyakinan atas mimpi-mimpi dan imajinasi. Sementara di bagian bawah berbentuk bulatan terbuka. Maksudnya adalah bahwa manusia harus tetap terbuka untuk menerima masukan-masukan dari orang lain, berinteraksi dengan alam semesta dan sesama. Semua hal yang menjadikan manusia menjadi makhluk sosial.


Gus Dur dan Angka 9.


Asmaul Husna jumlahnya 99. Sebuah angka yang tentunya hanya Allah sendiri yang tahu. Yang jelas, angka 9 menyimpan sebuah rahasia yang penuh dengan makna. Termasuk misteri angka pada kematian Gus Dur.

Bila dikaji secara mendalam, ternyata meninggalnya Gus Dur, baik berkaitan dengan jam, tanggal, maupun tahun ternyata menyimpan makna dan mengandung nilai yang amat tinggi. Memang ini hanya istilahnya ilmu gotak gatok, tetapi mengapa kok semuanya mengarah sama, yakni jumlahnya 9.

Hal inilah yang semakin membuat Ki Agem Cemeng, spritualis asal Tuban Jawa Timur ini meyakini bahwa Gus Dur adalah sang wali Katon sebagaimana dikutip dalam tabloid Posmo.

Masya Allah – lanjut Ki Agem Ceng – Gus Dur Wafat pukul 18 menit ke-45. Tanggal 30 bulan 12, tahun 09. Kalau diamati semua angka tersebut bila dikalikan angka itu sendiri jumlahnya adalah 9. Coba kita hitung :

18 x 18 = 324 =
3 + 2 + 4 = 9
45 x 45 = 2025
2 + 0 + 2 + 5 = 9
30 x 30 = 900
9 + 0 + 0 = 9
12 x 12 = 144
1 + 4 + 4 = 9
09 x 09 = 81 =
8 + 1 = 9

Kalau semuanya dikalikan jumlahnya juga 9 :

18 x 45 x 30 x 12 x 09 = 2624400=
2 + 6 + 2 + 4 + 4 + 0 + 0 = 18 =
1 + 8 = 9

Apakah jumlah hitungan itu hanya kebetulan ? tanya Ki Agem Cemeng, “Saya yakin Allah SWT telah menunjukkan rahmat dan kekuasaaannya dengan mengambil Gus Dur ke pangkuannya.

Surat Al-Kahfi

Lalu ada apa dengan jam 18.45 ? Bagaimana kalau dihubungkan dengan Alquran ? coba kita lihat bahwa surat ke 18 dan ayat ke 45 (Al Kahfi) diibaratkan air hujan yang turun dari langit dan memberi kesejukan/perdamaian di bumi, kemudian kembali lagi ke sisi Allah SWT dengan kuasanya.

Bila dilihat dari sisi lebih jauh lagi, 18 dan 45 atau 9-9, disini Gus Dur merupakan cerminan ‘ana al haq, wahdatul wujud, menunggale kawulo lah Gusti”.

Segoro

Menurut hitungan Jawa, kematian Gus Dur 18.45 sudah masuk Kamis Pon. Kamis 8, Pon 7 jumlahnya 15. Kalau dihitung lagi telah jatuh pada hitungan “segoro”. Karena Gus Dur milik bangsa, maka bangsa dan negara dalam situasi makmur. Aman (segoro). Termasuk pemerintahan SBY aman tak luput juga Budiono dan Sri Mulyani. Ya Gus Dur juga humanis sih..selain pluralis. Yang jelas, meninggal jatuh hitungan segoro itu yang ditinggalkan akan aman baik pemerintahan maupun keluarganya.

Sang Wali

Benarkan Gus Dur merupakan wali ? Jauh sebelum meninggal Ki Agem Cemeng telah menulis di Posmo beberapa edisi bahwa Gus Dur adalah wali katon. Dia mengatakan begitu karena sepak terjangnya benar-benar telah menunjukkan syarat seorang wali. Ucapannya banyak menjadikan pelajaran kepada siapapun yang mau mempelajarinya, tidak pernah sakit hati meski seringkali disakiti hatinya. Tidak takut pada manusia, apalagi pemerintah.

“Gus Dur, jelas sosok waliullah”, terang Ki Ageng Cemeng. Bahkan ditanah Jawa jauh sebelumnya seperti dalam serat Jongki Joyoboyo bahwa akan muncul di “tanah jawa” orang yang tidak bisa melihat, tetapi mau menghitung bintang, tidak bisa berjalan tapi mampu mengelilingi jagat/dunia dan orang ini yang akan mengadakan penataan, pemerataan, dan pembaharuan. Kalau dipandang dari sudut itu maka Gus Dur bukan tingkatan wali tetapi sulthonul aulia yang muncul dari tanah Jawa abad sekarang yakni 21. Gus Dur juga pernah akan dinobatkan sebagai Mursyid taarekat Qodiriyah se Asia Tenggara namun hal itu ditolaknya. Hal itu bisa disadari karena Gus Dur milik semua umat dan golongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...