Minggu, 16 Desember 2012

Ruhut Sitompul Dipecat Demokrat, Apa Alasannya?


Partai Demokrat secara mengejutkan memecat Ruhut Sitompul dari DPP Partai Demokrat. Selain itu Demokrat juga merotasi beberapa kader partai lainnya seperti Andi Nurpati. Ruhut Sitompul yang juga anggota DPR itu sekarang tak lagi menjabat ketua Bidang Komunikasi dan Informatika DPP PD. Diperkirakan pemecatan ruhut sitompul dari Demokrat karena perselisihan dengan Anas Urbaningrum.


Tidak banyak penjelasan dari DPP mengapa Ruhut dicopot dan mengapa baru sekarang, jelang pelaksanaan Silaturahmi Nasional Demokat, 14-15 Desember 2012, yang merupakan rangkaian HUT partai pemenang pemilu tersebut.

DPP Demokrat hanya menjelaskan bahwa pencopotan Ruhut demi "penyegaran" menyongsong Pemilu 2012.

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD) Saan Mustofa mengatakan bahwa pemecatan Ruhut Sitompul sudah sejak bulan September. Sementara ini pengganti posisi Ruhut di DPP PD adalah Komar.

"Sejak September ketika daftar ke KPU salah satu syarat kepengurusan. Bahwa ada penyegaran dan rotasi pak Ruhut diganti oleh Komar. Dia (Ruhut) sebagai anggota biasa," ujar Saan di gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (15/12/2012).

Sebelumnya Ruhut yakin dirinya tak dipecat karena belum menerima SK. Saan menjelaskan bahwa proses rotasi memang tidak menggunakan SK.

Tanggapan Ruhut Sitompul Terkait Pemecatannya
Ruhut, seperti dikutip TRIBUNnews.com, langsung menuding Anas Urbaningrum, Ketua Umum DPP Demokrat, sebagai otak di balik pemecatan itu.

"Itu sama saja menggali kuburnya sendiri, ketakutan dia pasti masuk bui kalau saya masih ada," kata Ruhut kepada TRIBUNnews.com, Kamis (13/12/2012).

Alasan Rohut Sitompul dipecat dari Partai DemokratWakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustopa, membantah Ketua DPP Bidang Komunikasi dan Informasi, Ruhut Sitompul dipecat karena tidak santun dalam mengeluarkan pernyataan. "Partai punya aturan, mekanisme, dan etika," ujar dia di Gedung DPR, Jumat ,14 Desember 2012.

Ia juga membantah jika Ruhut dipecat karena sering mengeluarkan pernyataan agar Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum, mundur. "Tidak ada hubungannya sama sekali," kata Saan.

Menurut dia, digantinya jabatan Ketua DPP Bidang Kominfo bertujuan untuk penyegaran partai. "Selama ini kami mengadakan evaluasi kinerja tiap anggota untuk dicocokkan agar memaksimalkan potensi," Saan mengatakan.

Anggota Komisi Hukum itu menolak partainya disebut tidak solid terkait dengan penggantian Ruhut. "Itu sudah sesuai mekanime, bukan merupakan sesuatu yang tidak-tidak," kata Saan.

Selain penggantian Ruhut, Demokrat merotasi sejumlah pengurusnya. Misalnya, Andi Nurpati menjadi Kepala Divisi Eksternal dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Sedangkan Ketua Departemen Pemuda dan Olahraga, I Gede Pasek Suardika, menggantikan Andi Mallarangeng yang mundur pekan lalu. Adapun posisi Ruhut digantikan oleh Komar yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Departemen Kominfo Demokrat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...