Rabu, 09 Januari 2013

DPRD Pesawaran Bertambah 10 Kursi


GEDONGTATAAN – Kabar gembira bagi warga Pesawaran. Pada pemilu 2014, jumlah wakil rakyat di DPRD setempat dipastikan bertambah. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran Derry Hendryan mengatakan, berdasarkan daftar agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) Pesawaran, jumlah penduduk di kabupaten berjuluk Andan Jejama itu mencapai 569.729 jiwa.

’’Nah, berdasarkan UU No. 8/2012 tentang Pemilu, pasal 26 angka 2 huruf f mengatur bahwa jumlah penduduk 500 ribu–1 juta jiwa kuota di DPRD adalah 45 kursi,’’ ujarnya kepada Radar Lampung kemarin.

Mantan anggota KPU Lampung Selatan itu mengungkapkan, pada Pemilu 2014, jumlah daerah pemilihan (dapil) di Pesawaran juga rencananya bertambah dari empat menjadi lima sampai enam. Penambahan ini seiring dengan berkembangnya jumlah kecamatan di Pesawaran yang tadinya tujuh menjadi sembilan.

Dia menerangkan, jika merujuk ke UU No. 8/2012, dapil 4 (Padangcermin–Punduhpedada) memang harus dimekarkan karena sudah melampaui 12 kursi. ’’Nah, menurut UU tadi, jumlah kursi per dapil itu kisarannya antara 3–12 kursi. Sementara setelah kita hitung, pada dapil 4 kuotanya sampai 13 kursi sehingga harus dimekarkan,’’ jelasnya.

Dia menuturkan, rencananya pembagian dapil pada Pemilu 2014 di Pesawaran adalah dapil 1 untuk Gedongtataan; dapil 2 Negerikaton–Tegineneng; dapil 3 Waylima–Kedondong; dapil 4 Padangcermin; serta dapil 5 Margapunduh, Punduhpedada, dan Waykhilau.

’’Nanti rencana penambahan dapil ini kami rapatkan secara internal di KPU Pesawaran,’’ pungkasnya.

Terpisah, rencana penambahan dapil di Pesawaran disambut baik oleh anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Pesawaran Johny Corne. Menurutnya, dengan adanya penambahan dapil, peluang partai untuk mendapatkan kursi di DPRD semakin banyak.

’’Yang pasti, kami akan mengikuti UU. Jika memang amanat UU harus ada penambahan dapil, harus dilakukan. Bila memang tidak, ya jangan ditambah, karena semuanya kan harus ikut prosedur,’’ ujar pria yang juga menjabat sebagai ketua Komisi 1 DPRD Pesawaran itu. (whk/p7/c3/dna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...