Rabu, 09 Januari 2013

KPU Susun Juklak-Juknis Pilgub



BANDARLAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung terus melakukan persiapan penyelenggaraan pemilihan gubernur (pilgub) tahun 2013. Teranyar, KPU mulai menyusun draf petunjuk pelaksanaan dan teknis (juklak-juknis) penyelenggaraan pilgub. Ada beberapa draf yang akan dibuat KPU, mulai merekrut penyelenggara hingga penghitungan suara.

Anggota KPU Lampung Edwin Hanibal mengatakan, rekrutmen ribuan penyelenggara yang akan direkrut mulai kelompok panitia pemungutan suara (KPPS), panitia pemungutan suara (PPS), dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Draf itu juga akan berisi tentang tata cara pemutakhiran data pemilih.

’’Kemudian tata cara pencalonan gubernur dan wakil gubernur, baik melalui independen maupun partai politik. Serta tentang tata cara kampanye dan audit dana kampanye, tata cara pemungutan dan penghitungan suara, dan lain-lain,” urai Edwin kepada koran ini kemarin.

Sementara, KPU Lampung segera menyeleksi panitia penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan kelurahan segera setelah KPU Pusat membuat peraturan terkait rekrutmen PPK dan PPS. Edwin berharap anggota PPK dan PPS yang bertugas untuk Pemilu Legislatif dan Presiden (Pileg-Pilpres) 2014 ini juga akan bekerja untuk Pilgub 2013.

Hal itu mengingat efisiensi anggaran dan supaya mempermudah tugas KPU Lampung dan KPU kabupaten/kota dalam bekerja. ’’Kami akan merekrut ribuan PPK dan PPS untuk kecamatan serta kelurahan/pekon/desa. Ya, nanti mudah-mudahan mereka bisa menjadi penyelenggara pilgub juga,” kata Edwin.

KPU Lampung juga masih menunggu peraturan KPU tentang tata cara rekrutmen penyelenggara pemilu. ’’Kalau di jadwal pileg, rekrutmen dilakukan Desember 2012 sampai Februari 2013. Setelah ada peraturan KPU-nya, baru mulai pengumuman dan pembukaan pendaftaran,” urai Edwin. (dna/p4/c1/adi)

Sumber : Radar Lampung, 27 Des 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...