Jumat, 12 Juli 2013

ANTISIPASI KAMPANYE HITAM SESAMA CALEG GOLKAR

JAKARTA - Partai Golkar mencemaskan kuatnya gesekan internal di antara para kadernya yang masuk dalam daftar calon legislatif (caleg) Pemilu 2014. Karenanya, Golkar merasa perlu mengantisipasinya dengan membuat aturan internal agar persaingan antarcaleg partai pemenang Pemilu 2004 itu tidak sampai pada upaya saling menjatuhkan yang merugikan partai.

Ketua DPP Partai Golkar, Hajriyanto Y Thohari mengungkapkan, kampanye pada Pemilu 2014 mendatang bakal sangat keras. "Bahkan bisa terjadi kanibalisme politik (menjatuhkan caleg separtai, red)," katanya kepada JPNN, Minggu (23/6).

Lebih lanjut Hajriyanto mengingatkan, kontestan pemilu sebenarnya bukanlah caleg tapi partai. Karenanya pula para caleg Golkar harus mengindarkan diri dari persaingan internal.

Hajriyanto yang juga caleg Golkar dari dapil Jawa Tengah IV itu mengharapkan adanya aturan tegas untuk mencegah kampanye hitam antarcaleg dalam satu partai maupun beda partai. "Sesuai konstitusi peserta pemilu kan parpol. Maka jangan sampai  terdistorsi," ucapnya.

Sebelumnya dalam acara pembekalan caleg Golkar di Nusa Dua, Bali, Sabtu (22/6), Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie mengungkapkan bahwa banyak kader di partai berlambang beringin itu ingin ditempatkan di nomor satu dalam daftar caleg. Hanya saja, Ical -sapaan Aburizal-  mengaku tidak bisa mengakomodasi keinginan kader Golkar yang ingin ditempatkan di nomor urut satu.

"Saya tak bisa berikan semuanya ke nomor satu. Saya mohon maaf atas kekurangan yang ada, dan ucapkan terima kasih atas pengertian saudara semua," katanya.

Namun demikian Ical tetap meminta kadernya menunjukkan loyalitas dan dedikasi ke Golkar. Selain itu, ia juga meminta caleg Golkar tetap bisa menjaga kekompakan dan persahabatan.

"Jaga persahabatan. Saya paham bahwa dalam pemilu, persaingan intrapartai bisa terasa lebih seru daripada antarpartai. Saya ingatkan, kita junjung kehormatan partai, serta kedepankan persahabatan di antara kita," pintanya.(ara/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...