Minggu, 30 Juni 2013

AKHIRNYA PILGUB LIMA PASANG

Partai Guram Mendua
Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2 Oktober 2013 akan diikuti lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub). Rinciannya, satu pasangan dari jalur perseorangan dan empat pasangan yang didaftarkan gabungan partai politik (parpol).

    Dari jalur perseorangan, yakni mantan Danrem 043/Garuda Hitam Amalsyah Tarmizi dan Ketua DPD Partai Gerindra Lampung Gunadi Ibrahim. Pasangan ini telah mendaftarkan diri pada Senin (24/6) dengan dukungan terverifikasi sebanyak 419.133 kartu tanda penduduk (KTP) masyarakat.
    Sedangkan dari jalur parpol, keempatnya mendaftar pada hari terakhir kemarin. Mereka adalah pasangan Sekprov Lampung Berlian Tihang dan Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri dengan membawa dukungan 25,42 persen suara hasil Pemilu 2009 dari PDIP, PPP, dan PKB, serta lima nonparlemen, yakni Partai Pelopor, PKPI, PPI, PPPI, dan PKBIB.
    Kemudian pasangan Ketua DPD I Partai Golkar Lampung M. Alzier Dianis Thabranie dan Wali Kota Metro Lukman Hakim. Pasangan ini diusung Partai Golkar dan Partai Hanura dengan jumlah dukungan 17,04 persen.
Lalu, pasangan Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Lampung M. Ridho Ficardo dan Bupati Tuba Barat Bachtiar Basri membawa koalisi parpol sebesar jumlah dukungan 37,66 persen. Yaitu dari PD, PKS, PKPB, dan PDK. Kemudian Partai Buruh, PMB, PDS, PIS, Partai Karya Perjuangan, Partai Barnas, PPPI, Partai RepublikaN, PPI, PBB, PKDI, dan PKNU.
    Sedangkan pasangan Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. dan pengusaha Zainudin Hasan membawa koalisi Partai Amanat Nasional (PAN) bersama parpol nonparlemen dengan jumlah dukungan 20,84 persen.
Parpol guram, yakni PBR, PKNU, Partai Kedaulatan, Partai Karya Perjuangan, PPRN, PNBKI, PNI Marhaenisme, Partai Pelopor, PKBIB, PKDI, PPI, PPN, PDP, PIS, Partai Patriot, Partai RepublikaN, PMB, PSI, Partai Buruh, Partai Merdeka, dan Partai Barnas.
Terkait dukungan parpol nonparlemen, Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan, memang ada sejumlah parpol memberikan dukungannya kepada lebih dari satu pasangan calon.  ’’Ada beberapa, tapi saya nggak hafal. Memang parpol yang non-DPRD,’’ kata Nanang.
Dukungan ganda ini, kata dia, akan menjadi salah satu yang diverifikasi mulai hari ini (29/6) hingga 6 Juni 2013.
    Dari reportase koran ini, dukungan ganda parpol, antara lain, terjadi pada parpol terhadap calon Berlian–Mukhlis, Ridho–Bachtiar, dan Herman H.N.–Zainudin. Herman H.N. pun siap diverifikasi.  ’’Dukungan saya asli, boleh dicek,’’ ungkapnya. (dna/p6/c2/ary)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...