Jumat, 02 November 2012

Jusuf Kalla: Jangan Usir Etnis Bali


Desa Balinuraga,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Ketua Umum Palang Merah Indonesia, M Jusuf Kalla, mengatakan etnis Bali yang berada di Lampung tidak boleh terusir dari daerah tersebut.

"Mereka orang Lampung, semua bangsa kita berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jadi, tidak boleh ada usir-usiran karena akan menimbulkan adanya pertentangan atau konflik," kata Jusuf Kalla, di Bandarlampung, Jumat.

Jika terjadi pengusiran etnis tertentu di Lampung, kemungkinan ada lagi warga daerah itu yang diusir dari provinsi lain.

"Jika ada pengusiran etnis tertentu, nanti kemungkinan ada warga Lampung yang diusir dari Pulau Jawa atau warga Bugis yang diusir dari daerah lain,'' kata Kalla. ''Apa mau negara kita terpecah menjadi sepuluh bangsa?''

Ia berkeyakinan proses rekonsiliasi pasti akan berhasil sehingga tercipta perdamaian di antara warga kampung yang terlibat bentrok tersebut. Kalla juga meminta kasus bentrokan yang terjadi di Desa Balinuraga dan Desa Sidoreno, Kecamatan Waypanji, Lampung Selatan diusut tuntas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...