Rabu, 24 April 2013

KAMPANYEKAN KESEJAHTERAAN UMMAT DARI SEKARANG

FACHRUDDIN

Apa tema kampanye PPP dalam pemilu 2014 ini sepertinya adalah pertanyaan yang tak kunjung terjawab, memang DPP PPP pernah memanggil utusan Pengurus  DPW-DPW untuk mengikuti pelatihan pembinaan kader berbasis Dapil. Tetapi itu bukanlah tema kampanye. Pada saat ini para pengiurus dan Caleg di daerah sebagian ada yang  bertanya tanya tentang belum tersosialisasinya tema kampanye ini, apakah ini merupakan strategi dari DPP PPP, tetapi sepertinya itu tidak mungkin, untuk apa tema ini disimpan simpan, takut diketahui oleh partai lain. Naif sekali tak akan ada partai lain akan ikut mengkampanyekan tema itu, begitu saja. Dan apa pula salahnya mereka mengkampanyekan tema yang sama. Lalu apakah perlu para caleg dan juru kampanye daerah membuat tema sendiri sendiri.
Kalaupun seandainya Jurkam dan Caleg terpaksa membuat tema sendiri sendiri, maka saya ingin menganjukan agar menghindari akidah sebagai tema kampanye, justeru kesejahteraan masyarakat harus dijadikan pilihan.  Masyarakat kita sekarang justeru adalah masyarakat yang sedang mengalami kesulitan untuk mencapai kesejahteraan. Masyarakat kita seperti mengalami kebingungan untuk mempertahankan ketahanan ekonomi kelaurga. Kita jangan terpukau dengan klaim tingginya GNP, karena pemerataan justeru jauh dari impian, kekayaan hanya beredar pada orang orang tertentu saja.

Korupsi telah meluluhlantakkan ketahanan ekonomi masyarakat, masyarakat butuh bimbingan, spirit dan keterampilan hidup untuk mempertahankan kelayakan hidup ini. Maraknya kosupsi serta praktik politik transaksional membuat masyarakat telah kehilangan seuatu yang sangat berharga dalam hidupnya, yakni karakter. Mayarakat kita kehilangan motivasi untuk berusaha, mereka lebih menyenangi penghasilan yang bersifat gtunai, walaupun insidental. Masyarakat kita semakin hedonis, fragmatis, watak konsumtif sangat menonjol.

Kemewahan hidup sangat dihormati, tampa mempersoalkan dadimana Ia mendapatkan kemewahan itu, di lingkungan PNS keberanian melakukan konspirasi menghabiskan anggaran justeru menjadi kebanggaan, staf yang berana menanggung resiko atas konspirasi ini justeru mendapatkan peluang yang sangat luas untuk berbuat sesuatu. Keadaan seperti inilah yang harus dicarikan jalan keluarnya.

Memang tidak jaminan mengkamopanyekan kesejahteraan melalui hidup secara benar akan mendapatkan perolehan suara yang signifikan di lingkungan masyarakat yang semakin fragmatis ini, tetapi kalaupun mengalami kekalahan dibanding mereka yang jor joran melaksanakan politik uang, tetapi setidaknya kita kalah secara terhormat, karena kita tidak ikut serta untuk memperparah keadaan ummat, kampanye seperti itu jangka pendek barangkali kita akan kalah, tetapi jangka panjang akan meraih kemenangan besar, oleh karenanya tidak ada istilah terlambat dalam mengkampanye kesejahteraan masyarakat.  dan yakinlah kita akan keluar sebagai pemenang yang sebenarnya, pemenang sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...