Sabtu, 29 Juni 2013

PDIP Cenderung Herman HN.


Perebutan perahu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) oleh bakal calon gubernur dan bakal wakil gubernur Lampung dalam Pilkada nanti akan semakin kuat. Sejumlah kader PDIP di Lampung sudah mulai melakukan monuver untuk menjagokan calon yang dinilai layak maju dalam Pilgub.

Beberapa bakal calon Gubernur Lampung yang dapat dipastikan akan tempur menggunakan perahu PDIP yakni, Drs H Herman HN (Walikota Bandarlampung), Ir H Berlian Tihang MM (Sekda  Provinsi Lampung) dan Drs H Mukhlis Basri (Bupati Lampung Barat).
Dari tiga tokoh yang selama ini cukup dikenal masyarakat, salah satu kader PDIP yang kini duduk sebagai Anggota Departemen Pemerintahan Nasional Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP yang juga Wakil Ketua DPRD Lampung Hj Nurhasanah SH MH, berani blak-blakan menilai bakal calon yang layak diusung PDIP. Menurut Nurhasanah, sebenarnya PDIP lebih cenderung mendukung Drs H Herman HN sebagai calon gubernur (cagub) dalam pilgub nanti. Itu baru pernyataan Nurhasanah dan belum menjadi keputusan DPP PDIP. Tapi, setidaknya pernyataan kader PDIP betino itu sangat berdasar dan penuh pertimbangan.
“Kita memiliki dasar yang kuat mengapa memilih Herman HN sebagai cagub yang diusung PDIP. Yang jelas, Herman HN pantas dan layak untuk maju dalam pilgub dengan dukungan PDIP,” kata Nurhasanah kepada Fajar Sumatera, Senin (18/2) di kantor DPRD Lampung.
Salah satu dasar yang kuat untuk memilih Herman HN sebagai cagub PDIP, kata Nurhasanah, adanya dukungan penuh dari kader-kader PDIP di tingkatan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-Lampung. “Suara di tingkat DPC dan akar rumput menginginkan Herman HN sebagai cagub PDIP,” tambahnya.
Selain itu, lanjutnya, kinerja Herman HN yang saat ini menjabat Walikota Bandarlampung dinilai sangat baik. Apalagi, Herman HN menjadi walikota karena perahu PDIP. “Herman HN jadi Walikota karena PDIP. Yang pasti kita bisa lihat, kinerjanya sangat bagus selama yang bersangkutan menjadi walikota,” jelas wakil Ketua DPRD Lampung ini.
Nurhasanah menambahkan, meskipun Herman HN bukanlah murni kader partainya, namun mekanisme terbuka yang dianut PDIP, membawa angin segar untuk menghantarkan niatnya menjagokan walikota Bandarlampung tersebut sebagai cagub PDIP.
Apalagi, terus Nurhasanah, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak melihat unsur dari internal partai saja, melainkan eksternal. “Untuk gubernur, Megawati menginginkan survey, bukan hanya dari sisi apakah dia kader murni atau bukan. Yang pasti keinginan Megawati kita dukung dan perjuangkan,” bebernya.
Disinggung apakah wacana dukungan terhadap Herman HN menjadi cagub yang akan diusung PDIP akan menimbulkan polemik tersendiri bagi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP di Lampung, khususnya keinginan kuat bahwa ketua DPD PDIP Sacjhroedin ZP yang menginginkan Berlian Tihang menjadi cagub PDIP, Nurhasanah mengatakan bahwa penentuan cagub ada ditangan DPP.
Di PDIP, sambung Nurhasanah, berlaku ketentuan yang menyebutkan cagub bisa langsung mendaftar ke DPP. Jadi, terusnya, jika Herman HN bersedia menggunakan perahu PDIP dalam pilgub mendatang, bisa langsung mendaftar ke DPP. “Kalau untuk tingkatan gubernur (cagub,red), itu bisa daftar langsung ke DPP. Itu salah satu mekanisme yang berlaku di PDIP,” sergahnya.
Lebih jauh, Nurhasanah mengaku tidak khawatir dengan wacana yang dilontarkannya tersebut jika nantinya akan menimbulkan keresahan bagi pengurus DPD PDIP Lampung. “Tidak lah. Kan semua itu kewenangan DPP. Jadi DPD harus mematuhinya,” tandasnya.
Banyaknya tokoh yang merebut perahu PDIP, dinilai kader PDIP sangat wajar. Sebab, mayoritas kepala daerah di Lampung dipimpin oleh kepala daerah yang diusung oleh PDIP. FS-jamhari/hendra saputra




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...