Sabtu, 04 Mei 2013

Mengelola Jaringan

FACHRUDDIN

Mengelola jaringan itu untuk mudahnya saja kita ibaratkan mengelola taman bunga. Sekecil apapun halaman yang kita punya, sebenarnya kita bisa membuat taman kecil disitu, artinya membuat dan mengelola jaringan itu dapat dilakukan oleh siapapun, tidaklah harus berpendidikan khusus dan tidak juga harus memiliki bakat, karena manusia itu pasti menyukai keindahan, dan dalam kontek jaringan ini kita selaku manusia memerlukan orang lain pula.Artinya membuat jaringan dapat  dilakukan oleh siap[a saja.

Dalam rangka menhadapi Pemilu kita harus memantapkan kembali jaringan kita, menata ulang jaringan yang selama ini barangkali telah lama tak kita iraukan, sehingga bila kita ibaratkan jaringan itu bagaikan taman bunga, maka taman kita barang kali telah ditumbuhi rumput liar sehingga taman kita itu tak indah lagi dipandang, sehingga tak ingin orang melihatnya. Taman yang kita bentuk harus menarik, karena pada hakekatnya jaringan itulah harus representatif mewakili kita semua untuk menjelaskan serta mengajak ummat untuk bergabung bersama kita.

Menata tanaman.Membuat jaringan itu seperti menata taman bunga.
Bunga apa yang harus tumbuh disitu kita yang menetukan, kita yang mencari dan kita yang membawa serta meletakkannya atau menanamkannya di taman itu. Agar bunga tumbuh subur maka harua kita sirami dan kita pupuk bila perlu. Sebuah taman baru kita sebut taman manakala bunga yang tumbuh disitu beraneka pula.  Sejatinya semua tumbuhan yang berbunga indah akan memiliki kemampuan menghiasi taman bunga kita sehingga menarik orang untuk memandangnya.  Ingat indahnya bunga sangat didukung oleh daun daun yang mungkin hanya berwarna hijau, dan juga model pohon serta  rantingnya. Tinggi rendanya pohon juga akan membuat kesemarakan sebuah taman. Artinya dalam suatu taman.

Memperkaya Jarinngan. Keanekaragaman warna serta modelnya adalah juga justeru menjadi keindahan untuk dipandang. Jaringan yang akan kita tata itu tidak harus sama dan memiliki bakat yang sama pula, tumbuh kembangkan jaringan dalam keanekaragaman, keanekaragaman para kader yang tergabung dalam jaringan justeru akan membuat jaringan itu memiliki talenta. Apalagi ummatpun juga beraneka ragam adanya. Talenta yang dimiliki oleh jaringan kita akan akan membuat jaringan kita memiliki  kemampuan mengakomodir keanekaragaman ummat.

Menambah Jaringan Baru. Sebuah taman bunga yang luas harus diimbangi dengan keanekaragaman, dengan demikian harus menambah tanaman baru.  Menambah aneka jenis serta bentuk dan warna tanaman adalah sebuah keniscayaan. Janganlah kita takut dengan keanekaragaman, karena keanekaragaman adalah kebutuhan. Tetapi ibarat tanaman juga ada tanaman yang dapat membunuh tanaman yang lain, itulah gunanya kita kelola, sehingga tanaman yang tinggi kita tebas agar jangan terlalu tinggi karena ketinggiannya dapat  menghambat perkembangan tanaman yang lain.
Anggota jaringan itu terdiri manusia manusia yang memiliki berbagai macam pendapat dan keinginan, Adalah tugas kita untuk mengelolanya. keanekaragaman itu hendaklah kita carikan perekatnya, agar keanekaragaman tidak membuat keretakan. Karena memang manusia itu memang diciptakan dalam keberagaman.

Menampakkan Talenta. Dengan rumus tanam, pupuk dan pelihara maka taman kita akan semarak dan indah dipandang, sebagai jaringan sebuah partai maka jaringan harus mampu memposisikan secara representatif mewakili corong partai. apalagi dengan memiliki talenta sehingga banyak yang tertarik memandangnya serta kerasan berlam lama ditaman itu. Jaringan harus membuat ummat merasa nyaman bergabung dan berharap banyak kepada partai.
Ibarat bunga, ada yang tumbuh tinggi dan ada yang berdahan rendah, karena masing masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka tata letak bunga juga harus kita atur, sehingga  ummat akan dapat menikmati keindahan bunga itu secara keseluruhan . Memang penataan taman yang baik, harus diatur  sehingga keindahan bunga yang ada jangan tersimpan dan tak terlihat.
Tunjukkan talenta jaringan yang kita miliki, agar ummatpun tertuntun untuk berharap kepada partai. Harapan ummat itu aspirasi namanya. Aspirasi itu harus kita tampung, bagi partai yang bertalenta maka ummatpun akan nyaman berharap kepadanya. Oleh karenanya maka nampakkanlah talenta itu.

Tanamkan Kepercayaan. Ibarat bunga ditaman harus ditata agar keindahan tanaman itu akan nampak, keindahan akan nampak sekalipun bunga belum berkembang. Maka pada jaringan kader partai maka para kader hendaknya mampu mengekspressikan partai kepada masyarakat, jaringan adalah kader kita, jatingan adalag vocal point atau corong yang menyuarakan partai kepada masyarakat, agar partai ini mendapatkan kepercayaan  dari  ummat.

Menambah Nama Nama. Tugas selanjutnya, ibarat mengelola kebun bunga kita harus mencatat dan mencari nama nama bunga yang belum ada dikebun kita lalu kita carai dan upayakan mendapatkannuya. Maka dalam mengelola jaringan kita setiap harus meminta kepada jaringan yang telah terbentuk untuk mencatat dan menambah nama nama baru, untuk segera digarap. Ditanamkan, dipupuk dan dipelihara, agar Ia mampu berkembang lagi, yaitu menambah dan membawa nama nama baru lagi, sehingga kita memiliki koleksi yang sebanyak banyaknya. Trims Selamat bekerja, semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMPERTAHANKAN KEDALAMAN MAKNA PANCASILA

kETIDAKSUKAANMegawati pada saat Menjadi Presiden untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila setelah berhasil mengatasi pemberotakan Berda...